Follow Us:

Selamat Datang

Mohon maaf atas gangguannya, Website "rickynjeldjaelani.blogspot.com" kini dipindahkan ke "sayanjel.wordpress.com", tampilan lebih rapi, keren, artikel baru lebih fresh dan lebih menarik ;):) Terima kasih.

Launching
comeback
launchpad

Kamis, 20 Februari 2014

Apa itu CWM Recovery ?



Apa itu CWM Recovery ?

CWM recovery adalah modifikasi dari Mode Recovery bawaan pabrik dengan beberapa penambahan fitur seperti Full backup & restore, partisi sd- card, install script, tweak, mod, dan lain-lain.

Kenapa harus CWM Recovery ?

1. Karena dengan CWM Recovery mampu kita mampu melakukan full backup & restore. Bukan hanya data dan aplikasi yang di backup, tapi juga pengaturan akun, setting privacy dan security sehingga seakan-akan HP/tablet android anda tidak pernah mengalami masalah apapun. Ini berguna jika suatu saat HP/Tablet android anda tidak bisa melakukan booting, anda tinggal masuk ke mode recovery dan melakukan pilih opsi restore untuk mengembalikan HP/tablet anda ke kondisi semula.

2. Kebanyakan developer me-release script, kernel & custom rom mereka dalam format CWM FLASHABLE.

3. Beberapa fitur tambahan seperti partisi sd-card, fix permission, dll membuat anda tidak perlu lagi menghubungkan HP /Tablet anda ke komputer untuk melakukan hal-hal tersebut.

Amankah menggunakan CWM Recovery?

Selama saya menggunakan CWM Recovery ( v.5.0.2.6) untuk melakukan beberapa hal, saya belum menghadapi masalah berarti. Justru CWM-lah yang menjadi jalan keluar tiap kali ACE saya bermasalah. Namun sebaiknya pastikan HP/Tablet anda terhubung dengan charger untuk berjaga-jaga supaya tidak terjadi power loss saat anda menggunakan CWM.

Bagaimana cara menggunakan CWM Recovery?

Matikan, lalu masuk ke mode recovery dengan menekan & tahan tombol POWER + HOME. Lepas tombol home jika logo samsung sudah muncul dan lepas tombol power jika CWM Recovery sudah siap. Pada mode recovery, touchscreen anda belum aktif sehingga navigasi menu hanya bisa dilakukan menggunakan tombol volume up/down untuk memilih menu dan tombol home untuk mengeksekusi menu yang dipilih.

Catatan : cara diatas hanya berlaku untuk Samsung Galaxy Ace, kalo device lain mungkin beda silahkan cari sendiri.

Berikut adalah daftar perintah dan penjelasannya dari CWM Recovery. Tolong diingat dan dipahami baik-baik mengenai fungsi dari masing-masing perintah di bawah ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

- reboot system now
Sudah jelas dengan sendirinya

- apply update from sdcard
Digunakan untuk meng-install update (custom maupun resmi) ROM, kernel, script, tweak, mod selama filenya berada pada sdcard (bukan di dalam folder) dan diberi nama “update.zip”

- . wipe data/factory reset.
Perintah ini akan menghapus semua data milik anda yang tersimpan di HP/Tablet anda termasuk aplikasi, kontak, setting privacy & security. Opsi ini biasanya disarankan sebelum anda melakukan flashing ROM terbaru.

- install zip from sdcard

…… apply /sdcard/update.zip
Opsi ini sama persis seperti yang diatas, saya juga bingung kenapa ini ditampilkan lagi??

……choose zip from sdcard
Opsi ini juga digunakan untuk menginstall (flashing) ROM, kernel, script dan lain-lain. Hanya bedanya anda dapat memilih lokasi dimana anda menyimpan update tersebut.

…… toggle signature verification
Digunakan untuk mengaktifkan atau me-nonaktifkan proses verifikasi signature terhadap ROM yang akan di flashing. Penjelasan mengenai signature mungkin akan saya jabarkan di artikel lain, tapi memang kebanyakan Custom Rom tidak memiliki alias belum disigned. Secara default opsi ini adalah off, jadi biarkan saja. CMIIW

…… toggle script asserts
Saya masih belum mengerti yang ini, sebaiknya biarkan saja dulu. Toh tidak pernah digunakan.

- backup and restore

……Backup
Membuat backup menyeluruh terhadap sistem yang sedang berjalan pada HP/Tablet anda. Perhatikan bahwa file backup akan dibuat di sdcard (di dalam folder clockworkmod) anda, jadi pastikan sdcard anda memiliki space yang cukup, sekitar 500MB dan janganmengubah nama file tersebut atau backup anda tidak akan bisa digunakan.

……Restore
Mengembalikan sistem anda ke kondisi semula sesuai backup yang telah disimpan sebelumnya.

……Advance Restore
Sama seperti opsi restore, hanya saja anda dibebaskan untuk milih apa-apa saja yang perlu di restore.

- mounts and storage

…… mount
Opsi ini akan melakukan proses mounting partisi yang anda pilih ke dalam memori. Ini berguna saat -misalnya- anda ingin melakukan flashing script untuk tweak di partisi /system, maka anda perlu melakukan mount /system terlebih dahulu sebelum flashing.

……format
Opsi ini akan melakukan proses format, termasuk menghapus semua data yang ada di partisi yang anda pilih.

catatan: jangan sekali-kali melakukan format /boot atau format /system tanpa menginstall rom baru yang memiliki partisi /boot atau /system sesudahnya karena itu berarti anda telah menghapus seluruh sistem dari hp/tablet anda. Hal tersebut dapat menyebabkan hp anda tidak akan bisa booting selamanya. Anda sudah diperingatkan.

- mount USB storage
Opsi ini digunakan untuk melakukan file transfer antara sdcard yang ada di HP/Tablet anda ke komputer.

- advanced

……Reboot Recovery
Opsi ini digunakan untuk melakukan restart hp/tablet anda dan langsung kembali ke mode recovery

……Wipe Dalvik Cache
Menghapus cache dari dalvik virtual machine, biasanya disyaratkan oleh beberapa custom ROM tertentu sebelum flashing.

……Wipe Battery Stat
Menghapus file batterystat.bin untuk mengkalibrasikan battery anda.

……Report Error
Membuat file log di sdcard anda terhadap kondisi CWM Recovery. File tersebut nantinya bisa anda lampirkan untuk melaporkan keluhan-keluhan anda ke developer.

……Key Test
Melakukan tes pada tombol yang ada di hp/tablet anda.

……Partition sdcard
Melakukan partisi sdcard anda. Perhatikan bahwa proses partisi akan menghapus semua data yang tersimpan di sdcard anda. Penjabaran lebih lanjut akan saya tulis nanti.

……Fix Permission
Memperbaiki permission pada file/script yang ada di sistem. Ini berguna jika suatu saat anda mendeteksi ada script yang tidak berjalan karena salah setting permission.

Tidak ada komentar:

Selamat datang :)

hello, Selamat datang di blog saya, ini blog sederhana yang saya sengaja buat hanya untuk berbagi apapun hal menarik bagi saya :)
please tinggalkan komentar dan LIKE my FP agar blog ini dapat terus berkembang . Thanks :)

Teman yang mampir

karena BLOG JUGA ADALAH KARYA CIPTA. Biasakan untuk memajang dimana sumber anda mendapatkan posting. Diberdayakan oleh Blogger.

Profil njeld

Profil njeld
Nama saya Ricky Jaelani dan biasa dipanggil njel (tidak dibaca angel tapi n - jel) . blog ini saya buat untuk berbagi hal menarik bagi saya dan mencari banyak teman :)

REAKSI (REMAJA AKTIF AKSI POSITIF)

Entri Populer

kunjungi juga

teman blogger

njel instagram

Instagram

Arsip Blog

Njeld's blog Stats

Please LIKE My FriendsPage

Terjemahan

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google