Follow Us:

Selamat Datang

Mohon maaf atas gangguannya, Website "rickynjeldjaelani.blogspot.com" kini dipindahkan ke "sayanjel.wordpress.com", tampilan lebih rapi, keren, artikel baru lebih fresh dan lebih menarik ;):) Terima kasih.

Launching
comeback
launchpad

Kamis, 13 Februari 2014

PENGERTIAN CWM, TWEAK DAN ISTILAH LAIN PADA ANDROID

CWM (Clockwork Mod)



Para pengguna handphone Android tentu sudah sering mendengar kata ClockworkMod recovery. Bagi pengguna handphone Android yang sudah ahli, ClockworkMod atau yang biasa disebut CWM ini sudah bukan barang asing. Terlebih bagi mereka yang kerap melakukan flashing custom ROM di handphone Android.


CWM bisa dikatakan adalah sebuah standar de facto untuk custom recovery di platform Android. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi open source yang dibangun berdasarkan Android recovery stock. Sebagai pengembangan dari recovery stock, CWM tentunya bisa memberikan kemampuan lebih dibandingkan versi asalnya.


Android recovery standar hanya bisa melakukan dua hal bagi pengguna handphone Android. Yang pertama adalah flashing file sistem yang telah terverifikasi dan ditandai baik oleh Google ataupun produsen handphone. Selanjutnya, standard recovery juga bis adigunakan untuk menghapus data user serta informasi cache.


Berbeda halnya dengan custom recovery seperti CWM. Dengan menggunakan sebuah custom recovery, pengguna handphone Android bisa melakukan lebih dari dua hal tersebut di atas. Dengan custom recovery, Anda bisa melakukan backup data user menjadi file image yang bisa di-restore dengan mudah.


Selanjutnya, pengguna handphone juga bisa melakukan flashing software yang tidak berasal dari Google ataupun produsen handphone, dalam hal ini salah satunya adalah ROM custom. CWM bisa melakukan hal tersebut di atas. Dan yang terpenting, sebagai sebuah aplikasi open source, CWM pun bisa digunakan secara gratis.


Nandroid backup



Sesuai dengan namanya nandroid backup untuk membackup sistem ponsel, internal memori dan termasuk seluruh partisi dan menyimpannya ke dalam sdcard. Hasil backup berupa folder dengan nama sesuai tgl-bln-thn-jam saat melakukan backup. Contoh, saat ini kita memakai ROM “A” yang memiliki 10 apps yang terinstal dan memakai link2sd. kemudian kita backup dengan CWM recovery. Sewaktu kita restore hasilnya akan sama seperti saat kita membackup ROM “A”, yang memiliki 10 apps dan memakai link2sd berfungsi yg dengan baik. Ini sangat membantu apabila kita suka gonta-ganti firmware yg berbeda dan ketika ingin kembali ke ROM inginkan kita tinggal lakukan restore menggunakan CWM tanpa harus flash ulang dan instal banyak aplikasi lagi. Dengan demikian kita bisa memiliki banyak versi firmware keinginan.


Restore


Seperti namanya juga, restore adalah mengembalikan kondisi ponsel sesuai kondisi saat kita backup. Jika kita punya banyak backupan dengan versi rom yg berbeda-beda dengan aplikasi yg berbeda-beda pula dan ingin kembali ke rom tertentu. Kita tinggal masukan folder
backupan ke sdcard dan restore hanya dalam hitungan 5-15 menit . Proses restore juga ada 2 pilihan yaitu semua bagian ROM atau hanya bagian tertentu yg ingin kita restore (boot,system, data,cache,sd-ext ).


Flashing




adalah menginstal ulang Sistem Operasi (OS) berguna untuk memperbaiki Sofware jika ada masalah dan bisa juga untuk Downgrade atau Upgrade OS,proses flashing sendiri di Android bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya Via OTA atau memperbaiki OS langsung dari handset, Via PC Suite yang sudah di sediakan oleh vendor, PCsuite bisa di download dari situs resmi vendor atau bisanya disertakan DVD driver pada paket pembelian .


Tweak




sebuah fasilitas yang tersedia pada sistem operasi yang dapat mengoptimalisasikan kinerja sistem operasi. Fasilitas tweak tersebut dapat memberikan trik dan otomatisasi dalam berbagai perintah pada sistem operasi, serta kemudahan dan kecepatan. Utility tersebut semakin dikembangkan, salah satunya pada sistem operasi mobile device android, sehingga semakin mudah dan menyenangkan dalam pengaturannya.contoh tweak di wt19i menambahkan fitur mobile bravia engine yang aslinya tidak ada atau java machine untuk bisa menjalankan aplikasi Java.


Kernel



Sebagai pengguna komputer, kadang kita pernah mengalami hal-hal yang membingungkan seperti komputer hank atau tidak berfungsi dengan baik, sebagai contohnya adalah ketika menggunakan OS Windows, ketika terjadi hank kadang-kadang mulcul layar biru atau di kenal dengan Blue Screen,dan biasanya ada informasi atau kata-kata KERNEL bla .. bla .. bla … sejauh ini sebagai orang awam maka jika terjadi hal tersebut maka pasti akan membooting ulang komputernya tanpa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Nah berlandaskan hal tersebut maka ada artikel yang menarik menyangkut istilah KERNEL .. selamat membaca.


Dalam sains komputer, kernel merupakan inti dari sistem pengoperasian yang mengatur penggunaan ingatan/memori, peranti masukan dan keluaran, proses-proses, penggunaan fail pada sistem fail dan lain-lain. Kernel juga menyediakan sekumpulan layanan yang digunakan untuk mengakses kernel yang disebut system call. System call ini digunakan untuk mengimplementasikan berbagai layanan yang diberikan oleh sistem pengoperasian. Program sistem dan semua program-program lainnya yang dijalankan di atas kernel disebut user mode. Kernel Linux terdiri dari beberapa bagian penting, seperti: pengurusan proses, pengurusan ingatan, pemacu perkakasan, pemacu sistem fail, pengurusan jaringan dan lain-lain. Namun bahagian yang terpenting ialah pengurusan proses dan pengurusan ingatan. Pengurusan ingatan meliputi penggunaan ingatan, kawasan pertukaran, bahagian-bahagian kernel dan untuk cache penimbal (buffer cache). Pengurusan proses menangani penggunaan proses-proses dan penjadualan proses. Pada bahagian dasar kernel terdapat pemacu perkakasan untuk setiap jenis perkakasan komputer yang disokong. Fungsi-fungsi kernel


1. Pengurusan proses


Tugas utama sebuah system pengoperasian kernel ialah membenarkan aplikasi yang lain untuk berjalan dan menyokong mereka dengan ciri-ciri tambahan, seperti pengabstrakan perkakasan, untuk menjalan proses, kernel mesti memuat turun failnya kepada ingatan, menyediakan stack untuk program dan pergi ke lokasi yang diberikan di dalam program, ini memulakan perjalanan sesebuah program, cara ini dipanggil scheduling. Dalam sistem berbilang kerja, kernel secara asasnya akan memberikan setiap program sedikit masa dan menukarkan dari proses ke proses dengan cepat dengan itu ia akan muncul kepada pengguna jika proses ini dijalankan secara terus menerus. Kernel mesti juga menyediakan proses ini untuk berkomunikasi, ini dikenali sebagai inter-process communication. Ini kemungkinan ada multipemprosesan yang menyokong kernel tersebut.


2. Pengurusan ingatan


Kernel mempunyai akses penuh dalam ingatan sistem dan menyediakan cara-cara untuk membenarkan userland program untuk mengakses memori ini dengan selamat. Cara pertama untuk mengurus ingatan ialah virtual addressing, biasanya arkib dengan mukasurat atau segmentation. Virtual addressing membenarkan kernel untuk memberikan alamat fizikal yang muncul sebagai alamat yang lain iaitu virtual address, ini membenarkan setiap program mempercayai ia hanya satu program (sebahagian daripada kernel) yang berjalan, dan ini mengelakkan aplikasi daripada berlanggar antara satu sama lain.


3. Pengurusan peranti


Dalam arahan untuk melakukan sesuatu tugas, kernel perlu untuk mengakses perbagai peranti yang bersambungan di dalam komputer, sebagai contoh, dalam arahan untuk memaparkan pengguna apa-apa sahaja, pemacu monitor perlu untuk muncul, peranti ini boleh dikawal melalui pemacu, di mana ia mesti dibuat oleh pembangun dan/atau disediakan oleh pengilang sesuatu peranti tersebut.
Pengurus peranti pertamanya akan melakukan semakan keatas bas perkakasan yang berbeza (seperti USB, PCI), dalam arahan unruk mengesan semua peranti yang telah dipasang dan kemudiannya mencari pemacu yang bersesuaian, selepas ini, semuanya bergantung kepada jenis kernel dan rekaan kernel.


4. Sistem panggilan


Dalam arahan untuk menyediakan kerja yang berguna, program userland mesti mempunyai akses kepada semua perkhidmatan yang disediakan oleh kernel. Ini dilaksanakan secaar berbeza-beza oleh kernel yang berlainan, tetapi mesti disediakan oleh C library, dimana ia menukarkan kelemahan kesemua system panggilan, sama ada diberikan atau melalui memori yang dikongsi.


5. Shell


Shell adalah perisian atau aplikasi yang menjadi alat untuk perhubungan antara pangguna untuk berhubung dengan sistem operasi, shella akan membaca apa sahaja yang dimasukkan oleh pengguna dan memahaminya sebagai arahan untuk menjalankan perisian lain, memanipulasi fail, dan memberikan output. Shell juga turut dikenali sebagai command line interface


Terdapat pelbagai shell untuk Unix/Linux. Korn shell atau POSIX shell adalah shell yang biasa di kebanyakkan jenis unix atau linux.


Kedudukan kernel dalam sistem komputer


Kedudukkan kernel pada sistem komputer adalah pada root directory yang mengandungi kedua-dua boot program dan fail yang mengandungi kernel untuk sistem. Kernel biasanya menpunyai pelbagai nama, berbeza dari pengilang mesin antara satu sama lain, tetapi kebiasannya ia mempunyai perkataan nix supaya pengguna dapat mencarinya dengan wildcard characters.

Tidak ada komentar:

Selamat datang :)

hello, Selamat datang di blog saya, ini blog sederhana yang saya sengaja buat hanya untuk berbagi apapun hal menarik bagi saya :)
please tinggalkan komentar dan LIKE my FP agar blog ini dapat terus berkembang . Thanks :)

Teman yang mampir

karena BLOG JUGA ADALAH KARYA CIPTA. Biasakan untuk memajang dimana sumber anda mendapatkan posting. Diberdayakan oleh Blogger.

Profil njeld

Profil njeld
Nama saya Ricky Jaelani dan biasa dipanggil njel (tidak dibaca angel tapi n - jel) . blog ini saya buat untuk berbagi hal menarik bagi saya dan mencari banyak teman :)

REAKSI (REMAJA AKTIF AKSI POSITIF)

Google+ Badge

Entri Populer

kunjungi juga

teman blogger

njel instagram

Instagram

Arsip Blog

Njeld's blog Stats

Please LIKE My FriendsPage

Terjemahan

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google